Senin, 29 Agustus 2011

Yogyakarta - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Selasa Kliwon 30 Agustus 2011. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, akan menjadi imam/khatib salat Id di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Pada tanggal tersebut umat Islam diimbau untuk melakukan salat Idul Fitri di lapangan atau tempat-tempat yang telah disediakan. Sebagian besar umat Islam di Yogyakarta akan melaksanakan salat Idul Fitri pada 1 Syawal 1432 H yang bertepatan dengan hari Selasa 30 Agustus 2011.

Berdasarkan pantauan detikcom, Senin (29/8/2011) berbagai spanduk yang berisi pengumuman salat Id pada hari Selasa 30 Agustus sudah terpasang di berbagai sudut dan penjuru kota Yogyakarta. Sedangkan pengumuman tempat salat Id untuk Lebaran hari kedua atau hari Rabu 31 Agustus belum ditemukan.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyiapkan beberapa tempat yang akan digunakan untuk salat Idul Fitri pada hari Selasa 30 Agustus.

Selain Din Syamsuddin yang akan menjadi imam/khatib di Alun Alun Utara, Kraton Yogyakarta ada beberapa tokoh masyarakat yang menjadi imam/khatib di tempat lain. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqodas akan menjadi imam/khatib di Alun-alun Selatan.

Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto yang juga akan melaksanakan salat idul fitri 1432 H pada hari pertama Lebaran akan menjadi khatib di halaman Balaikota Yogyakarta di Timoho.

Di Lapangan/Stadion Kridosono, imam/khatib HM Slamet Syaiful Muslimin. Lapangan parkir Mandala Krida, HM Imam Subarno, lapangan Minggiran, Kecamatan Mantrijeron, H Supriyanto Pasir, halaman SDN Pujokusuman, Mergangsan HM Sukemi, halaman pabrik Jogjatex H. Sugiyanto, halaman Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Surosutan, H. Probo Suseno.

Sedangkan tempat lainnya di antaranya di Masjid Kampus UGM, Lapangan Dengung Beran Sleman, Lapangan Trirenggo Bantul dan Masjid Agung Bantul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar