Sabtu, 31 Maret 2012


NYAMPLUNG.
Tumbuhan ini seperti asing didengar oleh anak-anak di jaman sekarang, karena keberadaan tumbuhan tersebut  dibilang jarang ditemui di daerah-daerah tertentu..

 Buah nyamplung berbentuk bulat seperti duku tetapi didalamnya ada tempurung yang melindungi buah biji, anak –anak sering menggunakan buah nyamplung untuk mainan seperti  peluit, setelah isinya dibuang dan dilubangi untuk lubang tiupan udara.
Tanaman pohon nyamplung dapat dipanen  mulai  sejak umur 5 – 50 tahun, setiap panen biasa menghasikan 200 kg / panen.

Para peneliti telah menemukan bahwa buah nyamplung mempunyai kandungan minyak yang tinggi, dan dimungkinkan dapat untuk mengganti solar dan minyak tanah.
Harga bahan bakar minyak dunia yang cenderung meninggi, pemerintah selalu mengalami kesulitan untuk membuat  kebijakan terhadap harga minyak , berefek adanya demo-demo yang memicu pada kekerasan antara aparat dan para demonstran yang kadang anarkis.

Jika hasil penelitian itu dioptimalkan diharapkan dapat mengurangi beban kebutuhan bahan bakar solar dan minyak tanah, sekaligus membuka lapangan kerja bagi pencari kerja yang dari tahun ketahun meningkat.

1 komentar:

  1. umur 25 th kok blm mau berbuah ya..., padahal untuk buah sawo yg hampr bersamaan masa tanamnya sudah banyak buah, walaupun di tanam di dalam pot.

    BalasHapus