Jumat, 14 Oktober 2011

CTPS : Cuci Tangan Pakai Sabun cara sederhana tapi kadang susah untuk dijalani terutama bagi anak-anak padahal besar sekali manfaatnya terutama untuk mencegah terjangkitnya sebuah penyakit,    yang berkaitan dengan saluran napas dan alat pencernaanaan kita.

Prof Tjandra mengatakan bahwa CTPS merupakan perilaku sederhana berdampak luar biasa, karena mencegah berbagai penyakit. Cuci tangan pakai sabun dapat menurunkan kasus diare hingga 47 persen, ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) dan flu burung hingga 50 persen, serta direkomendasikan untuk pencegahan flu H1N1.

Menurut Prof Tjandra, berikut 6 titik kritis dimana CTPS harus dilakukan:

  1. Sebelum mengolah makanan
  2. Sebelum makan
  3. Setelah BAB (buang air besar)
  4. Sebelum mengurus bayi dan menyusui
  5. Setelah menceboki anak
  6. Setelah memegang hewan.

Menurut data Kajian Morbiditas Diare Ditjen PP&PL tahun 2010,   ada 77 persen orang Indonesia yang belum menerapkan CTPS.






1 komentar:

  1. Mungkin karena lengah tidak membiasakan cuci tangan pake sabun, Evi pr menjalani opname selama 6 hari di RSU Bendan Pekalongan, sejak Kamis, 6 Oktober sampai 11 Oktober 2011. Gejalanya diare yang sangat hebat, kemudian badan terasa dingin kemudian berubah menjadi panas, diikuti tensi sampai drop,badan menjadi dingin lagi.., terima kasih dokter dan perawat yang telah membantu dalam pengobatan dia.

    BalasHapus