Kamis, 01 September 2011

CATATAN KECIL KE-2
 Nama adalah sebutan untuk sesuatu, sehingga satu dengan lainnya mudah untuk dipilah dan dipilih sesuai dengan kelompok nama atau jenisnya.

Biasanya pemberian nama dihubungkan dengan keadaan  atau harapan dari pemberi nama, sehingga nama tersebut sudah menjadi sebuah pilihan.
Pada saat anak lahir, orang tuanya sudah memberi nama sesuai dengan keadan atau harapan dari orang tua, tetapi kadang dalam perjalanan hidup mempunyai suatu kendala biasanya berhubungan kesehatan atau nasib sehingga nama anak tersebut diganti, dengan harapan sesuai dengan keinginan dan harapan orang tua.

Lalu muncul pertanyaan  mengapa nama daerah atau suatu wilayah banyak dihubungkan dengan air (cai atau ci dalam bahasa Sundanya, dan banyu untuk bahasa Jawa), kali (sungai) , rawa (daerah berair)

Saya sangat tertarik dengan tatanama itu seperti di daerah Jawa Tengah yang berdekatan dengan Jawa
Barat banyak  daerah yang menggunakan nama dengan awalan Ci yang diartikan sebagai air, misalnya :
Cilandak, Cibaduyut, Cirebon, Citandui, Cisedane, Cibubur, Cibodas, Cikotok, Ciliwung, Cileduk, Cileunyi, Cikarang, Cimande, Cimanuk,  dan banyak lagi lainnya.
Daerah Jawa Tengah wilayah barat juga banyak yang menggunakan awalan Ci untuk menamakan daerah seperti : Cilacap, Cilongok, Cikura, Cibilur-Bumiayu.

Nah untuk nama yang berhubungan dengan air (banyu dalam bahasa Jawa), air sama dengan way seperti Banyuurip, Banyubiru, Waykambas

Berkaitan dengan kali atau sungai seperti :
Kalijambe, Kaliurang, Kalirambut, Kaliboyo, Kalimantan, Kalibening, Kalinyamat,Kali Pepe-Solo,  sedangkan yang berhubungan dengan daerah rendah atau berair (rawa) misalnya: Rawacacing, Rawabebek, Rowoyoso, Rawamangun, Rawakembu, Rawapucang.
Air merupakan sumber kehidupan bagi mahluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuhan sehingga betapa pentingnya air bagi kehidupan maka penamaan itu banyak dihubungkan dengan air atau daerah berair seperti sungai dan rawa.

(silakan kalau anda akan melengkapi nama-nama yang berhubungan dengan hal tersebut, sekaligus menyempurnakan tulisan saya, terima kasih.
(prm)

1 komentar:

  1. Rumah hunian ini berada di tengah genangan air tambak, kedalaman air disekeliling rumah sekitar pusar orang dewasa

    BalasHapus